Alpukat Tak Membuat Badan Jadi Gemuk

Apa yang ada pikirkan jika dihidangkan jus alpukat? Mungkin ada yang menyambutnya dengan baik dan ada juga yang menahan rasa ingin mencicipi demi menjaga berat tubuhnya. Selama ini yang kita tahu bahwa alpukat dapat mengandung lemak yang membuat badan menjadi gemuk. Ternyata pemikiran kita tentang hal itu salah besar. Malah ternyata alpukat dapat menurunkan berat badan. Fakta-fakta dibawah ini akan menjelaskan mengapa alpukat tak membuat berat badan menjadi naik.


Satu fakta mengejutkan di temukan oleh Potchefstroom Institute of Nutrision di potchefstroom University, dalam temuannya di sebutkan bahwa alpukat dapat memperlancar penurunan bobot tubuh seseorang. Hal ini mematahkan anggapan bahwa alpukat dapat menyebabkan gemuk atau bertambahnya berat badan. Alpukat memang mengandung lemak, bahkan kandungan lemaknya sangat tinggi. Tapi lemak tersebut adalah "lemak baik" yaitu lemak tak jenuh tunggal oleat yang lazim disebut omega-9. Lemak ini dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh kita.

Selain mengandung "lemak baik", alpukat juga berserat tinggi. Dengan serat tersebut kolesterol jahat akan dibuang bersama sampah makanan. Sebuah alpukat yang berukuran sedang memiliki kandungan serat sebanyak 10 gram yang berarti sudah mencukupi 40% serat dalam satu hari.

Alpukat juga mengandung mineral kalium. Separuh alpukat ukuran sedang mengandung 546 mg kalium yang berarti lebih tinggi 15% dari kandungan kalium dalam pisang. Kalium itu sendiri bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi, mengontrol debar jantung dan menjaga kesehatan sistem syaraf.

Jika ketiga kandungan di atas yaitu lemak baik, serat, dan kalium dikombinasikan maka akan mencegah penyakit akibat hipertensi dan kelebihan kolesterol, khususnya yang terkena stroke dan penyakit jantung. Dan yang memiliki diabetes juga dapat mengambil manfaat yang biasanya menderita resiko yang sama akibat komplikasi.

Ternyata selama ini kita telah berprasangka buruk pada alpukat. Kabar bahagia bagi yang menyukai alpukat tapi ada masalah dengan berat badan, sekarang dapat menyantap alpukat dengan tenang. Tapi tentu saja jangan berlebihan. Sesuatu yang sehat tapi berlebihan juga tidak baik. Jadi makanlah alpukat secukupnya setiap hari untuk memenuhi kandungan omega-9, vitamin E, kalium, dan juga serat dalam tubuh. Sehingga badan mejadi sehat. Imbangi dengan makanan yang lain, agar kesehatan terjaga dengan kandungan-kandungan makanan yang seimbang.

2 komentar:

  1. Nice info gan.. :D
    Keep posting..
    Happy Blogging..

    BalasHapus
  2. Thanks gan..:)udh datang bekunjung.

    BalasHapus

.

BERKUNJUNG ITU BAIK,.
e'RONETO ^_^


Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Coretan Kecil

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger